Bagaimana Cara Menghitung Nilai Aset Bersih

Cara Menghitung Aset

Buat anda yang masih awal belajar dunia investasi pasti sangat bingung bagaimana cara menghitung nilai aset bersih yang anda miliki. Nilai aset bersih (Net Asset Value atau NAV) adalah angka yang menentukan nilai saham dalam berbagai dana sekuritas, misalnya reksadana, hedge fund, atau exchange-traded fund (ETF). Ketika harga saham terus berubah saat pasar dibuka, nilai aset bersih dana dihitung di setiap waktu tutup bursa setiap harinya, untuk mencerminkan perubahan harga investasi yang dimiliki. Perhitungan nilai aset bersih memudahkan investor untuk memantau nilai sahamnya dalam dana (fund), dan nilai nilai aset bersih biasanya menentukan nilai jual saham.

1. Pilih tanggal penilaian. Nilai aset bersih reksadana, hedge fund, atau ETF berubah setiap harinya saat pasar dibuka, karena nilai investasi selalu berfluktuasi. Supaya perhitungan nilai aset bersih Anda bernilai, Anda harus menggunakan data dana untuk perhitungan pada tanggal yang relevan dengan kebutuhan Anda. Pilihlah tanggal tertentu dan pastikan semua nilai yang digunakan untuk menghitung dana nilai aset bersih berasal dari tanggal ini.

2. Hitunglah nilai total dari sekuritas dana pada akhir tanggal penilaian. Sekuritas dana adalah kepemilikan saham, obligasi, dan sekuritas lain. oleh karena nilai-nilai sekuritas ini diposkan harian, Anda bisa mempelajari nilai investasi dana dalam tiap jenis sekuritas pada akhir tanggal penilaian.
Total nilai ini harus termasuk nilai semua kas di tangan pada tanggal penilaian, serta semua aset jangka pendek dan panjang yang dipegang oleh dana.

3. Kurangi liabilitas dana yang beredar. Selain investasi, dana juga memiliki beberapa liabilitas yang beredar. Liabilitas ini adalah jumlah dana yang dipinjam untuk membuat investasi tambahan, dengan harapan dana dapat memperoleh bunga atas investasi pada suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dari yang dibayarkan pada pinjaman beredarnya. Kurangkan jumlah utang-utang ini dari nilai total sekuritas yang dihitung.

Prospektus dana akan mendaftar tiap aset dan liabilitasnya. Unduh prospektus di internet atau hubungi lewat telepon. Sebagian besar surat kabar memiliki bagian bursa saham harian yang menunjukkan nilai penutupan semua saham yang diperdagangkan.

4. Bagikan dengan angka saham beredar pada dana. Hasil perhitungan ini adalah nilai aset bersih, atau nilai porsi satu saham terhadap aset yang dimiliki oleh dana. [2] Jika Anda memiliki beberapa saham di dalam dana, Anda bisa membagikan nilai aset bersih dengan jumlah saham yang dimiliki untuk mengetahui nilai pasar investasi Anda. Nilai aset bersih umumnya menentukan harga jual atau beli reksa dana sehingga Anda bisa berharap dapat menjual kembali saham dalam harga yang mendekati nilai aset bersih.

Untuk reksa dana, nilai aset bersih per saham dihitung setiap hari. Perhitungan ini didasarkan pada harga penutupan sekuritas dana.

Perintah beli dan jual untuk reksa dana diproses berdasarkan nilai aset bersih pada tanggal tersebut. Oleh karena nilai aset bersih dihitung saat penutupan bursa, investor harus menunggu sampai hari berikutnya untuk memperdagangkan harga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*