Hobi Traveling, Penting Menguasai Cara Mengelola Gaji

Cara mengelola keuangan

Suka berlibur atau traveling, pastinya untuk traveling membutuhkan dana yang tidak sedikit. setiap perjalanan pasti membutuhkan dana dari kendaraan, penginapan, makanan sampai kesehatan atau asuransi. Buat anda yang hanya memilik sumber dana dari gaji pasti akan bingung jika hanya memiliki gaji yang cukup untuk kebutuhan sehari- hari. Nah berikut ini tips cara mengelola gaji anda untuk kebutuhan traveling anda.

Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Semua orang termasuk Anda tentu punya tujuan keuangan. Misalnya menikah bagi Anda yang masih lajang. Hal tersebut tentunya akan menyerap biaya yang tidak sedikit. Apalagi bagi Anda yang menganut budaya timur Indonesia yang dikenal dengan mahar selangit.

Hal tersebutlah yang wajib Anda tentukan terlebih dulu, setelah itu tentukan kapan Anda ingin itu terwujud. Misalnya biaya nikah 100 juta dan Anda ingin menikah 5 tahun lagi.

Rencanakan

Setelah Anda menentukan tujuan keuangan Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyusun rencana. Bagian ini butuh pemikiran yang tidak hanya sekedar dewasa tapi juga bijak. Karena biasanya yang namanya kesenangan itu selalu ingin di prioritaskan.

Rencanakan berapa banyak gaji yang akan Anda masukkan ke tabungan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai tujuan Anda. Misalnya berapa banyak gaji yang harus Anda masukkan ke tabungan untuk mencapai 100 juta dalam 5 tahun. Tapi jangan pula lupa dengan biaya darurat, umumnya dana darurat itu juga butuh dana yang banyak.

Investasi

Investasi asal yang bukan investasi bodong, jaman sekarang sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Atau mungkin untuk hobi traveling Anda. Kalau saya pribadi investasi mungkin lebih tepat untuk hobi ketimbang tujuan keuangan Anda, kenapa? Anda tentu tidak mau mempertaruhkan masa depan Anda bukan?

Sesuaikan Budget

Setelah semua perencanaan Anda susun dengan rapih, plus dengan perhitungan yang bijak ataupun berinvestasi Anda bisa menyisihkan gaji Anda untuk traveling. Namun kesalahan banyak traveler adalah budget yang tidak sesuai dengan tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*