Membangun Bisnis Sambil Kerja Menjadi Karyawan

Bisnis sambil kerja sebagai karyawan

Anda seorang karyawan di salah satu perusahaan dan anda merasa ingin memulai membangun bisnis anda sendiri. Membangun bisnis dengan status anda sebagai karyawan memang tidaklah mudah karena anda akan dituntut untuk fokus dan pintar dalam membagi waktu. Namun tidak salah jika anda ingin memulai membangun bisnis dengan berbagai alasan anda.

Sebenarnya apa saja manfaat anda membangun bisnis dengan anda masih bekerja sebagai karyawan.

  • Bisa menambah pendapatan dan berpeluang untuk mencapai kebebasan financial. Karena anda telah memiliki penghasilan ganda.
  • Sebagai antisipasi jika suatu saat tempat di mana anda bekerja melakukan pemutusah hubungan kerja maka anda bisa langsung beralih ke usaha anda.
  • Dapat anda jadikan sebagai sarana uji coba sebelum benar benar masuk ke dunia bisnis.
  • Memperoleh banyak relasi.
  • Dapat membangun jaringan baru dengan orang orang yang menekuni bisnis yang sama.
  • Memperoleh skill dan kreatifitas baru.

Mungkin karena manfaat itulah banyak karyawan yang ingin membangun bisnisnya sendiri. berikut tips membangun bisnis buat anda yang masih berstatus sebagai karyawan.

1 Memilih bisnis yang tepat

Bagi anda yang menjadi karyawan fulltime mungkin agak sulit untuk mendirikan sebuah usaha. Mungkin karena intensitas pekerjaan anda di kantor yang sulit untuk anda cari waktu luangnya.

Bahkan kalau anda paksakan untuk tetap melakukannya maka hal ini bisa menjadi boomerang bagi karir anda.

maka dari itu pilihlah bisnis yang tepat sesuai keadaan anda. misalnya anda seorang yang sangat sibuk dengan pekerjaan kantor sampai anda sulit menyisihkan waktu anda untuk bisnis anda. Anda perlu mencari bisnis dimana kehadiran anda tidak begitu penting. anda dapat hanya mengontrol dari jarak jauh dan sesekali anda kontrol datang ke tempat bisnis anda.  anda tetap dapat berbisnis walau anda sibuk dengan aktifitas kerjaan di kantor sebagai karyawan.

2 Hindari pemakaian modal besar

Ketika anda memutuskan untuk membuat bisnis sambil bekerja, maka disinilah anda dituntut untuk mengelola modal dengan baik dan benar.

Jika anda sampai salah dalam melangkah maka resikonya justru anda akan menemui kegagalan.

3 Ukur kemampuan diri

Membuat sebuah keputusan untuk melakoni bisnis sambil bekerja sebenarnya tidaklah sesulit ketika menjalankannya.

Sebaiknya pikirkanlah dengan matang matang masalah ini. Ukurlah kemampuan anda, seajauh mana anda mampu melakoninya.

Jangan pernah paksakan diri anda untuk selalu bisa. Selain itu ukurlah kemampuan keuangan anda. Anda mampu atau tidak menyediakan modal sejumlah itu untuk mendirikan usaha.

4 Pahami kontrak kerja

Sebelum mengambil keputusan final, maka disarankan sebaiknya pelajari ulang kontrak kerja anda di perusahaan tempat anda bekerja. Bagaimana prosedurnya, kapan anda liburnya dan seberapa padatkah waktu anda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Hal ini sangat perlu anda lakukan untuk mengetahui kapan waktu luang anda untuk bisa melakukan kegiatan lain yakni membangun sebuah bisnis.

5 Jaga reputasi

Pahamilah bahwa selain memiliki usaha sendiri namun anda tetaplah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan orang dan mempunyai atasan yang telah mempercayai anda untuk memegang posisi tersebut dimana dia juga lah yang telah menggaji anda.

Maka tetaplah jaga attitude anda dalam bekerja, tetaplah hormat kepada atasan supaya reputasi anda di lingkungan kantor atau perusahaan tetap baik.

6 Disiplin (konsisten)

Ketika anda menjalankan sebuah usaha namun anda masih tetap bekerja di perusahaan lain maka hal yang harus anda perhatikan adalah tetap fokus dan disiplin.

Semua pekerjaan tersebut menanti untuk anda selesaikan. Tidak jarang banyak orang yang kurang memahami penyebab mengalami kegagalan bisnis ketika mendirikan usaha sambil bekerja di perusahaan lain.

Pada umumnya masalah utama mereka adalah tidak mampunya mereka dalam membagi waktu. Sehingga salah satu pekerjaannya pasti terbengkalai.

7 Buat jadwal berkala

Sebaiknya untuk mengantisipasi semua hal maka usahakan untuk membuat jadwal berkala.

Cocokan dengan waktu antara pekerjaan kantor dan urusan bisnis. Hal ini bertujuan untuk menghindari kres atau benturan diantara keduanya.

Anda bisa menerapkannya mulai sekarang. Jika langkah ini telah anda jalankan maka anda bisa lebih leluasa dalam membagi waktu antara keduanya.

8 Siapkan orang kepercayaan

Supaya bisa ada keseimbangan di antara pekerjaan kantor dan bisnis maka anda bisa menunjuk orang kepercayaan untuk mengelola usaha anda atau membuat sebuah tim kerja yang baik.

Anda bisa menjadikan dia sebagai manager atau merekrut orang untuk menjadi kasir atau pramuniaga di dalam bisnis anda. Sehingga semuanya tetap bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang anda harapkan selama ini.

9 Perizinan bisnis

Sepeti halnya bisnis lain ataupun perusahaan perusahaan di luar sana, maka anda juga membutuhkan sebuah legalitas atau perijinan usaha.

Hal ini sangat penting untuk anda lakukan supaya bisnis bisa berjalan denga lancar serta anda juga bisa mendapatkan perlindungan usaha secara hukum sehingga anda lebih tenang dalam menjalankan usaha.

10 Media pembelajaran

Ada untungnya juga ketika anda bekerja sebagai karyawan perusahan, karena anda bisa sedikit meniru bagaimana caranya mengelola usaha dengan baik dan menjadi seorang pemimpin yang baik pula.

Gunakanlah waktu dengan sebaik baiknya ketika anda bisa bertemu dengan para kolega perusahaan sehingga ilmu bisnis anda bisa meningkat dan bisa diterapkan pada usaha anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*