Mengenal Sistem Rujukan BPJS Kesehatan

Logo BPJS

Sebagai peserta BPJS sebaiknya anda tahu prosedur rujukan BPJS Kesehatan. Proses rujukan BPJS ini bersifat wajib untuk diikuti oleh setiap peserta BPJS. Masih banyak yang mengalami kendala dalam melakukan sistem rujukan. Hal ini yang mendorong saya untuk mengenalkan sistem rujukan BPJS kesehatan.

Mengenal Pola Pelayanan BPJS

BPJS Kesehatan menggunakan sistem yang berbeda dari layanan asuransi kesehatan lainnya.

Sebelumnya, kita lihat dulu bagaimana peraturan mengenai pelayanan kesehatan di BPJS, yang membagi dalam 3 (tiga) tingkatan yaitu:

  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes I): pelayanan kesehatan dasar yang diberikan oleh puskesmas, klinik atau dokter umum. Disebut juga Faskes Primer.
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua (Faskes II): pelayanan kesehatan spesialistik oleh dokter spesialis atau dokter gigi spesialis.
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL): 1. Klinik utama atau yang setara, 2. Rumah Sakit Umum, 3. Rumah Sakit Khusus.

Sistem Rujukan BPJS Kesehatan

Kegunaan dari membagi 3 tingkatan dalam BPJS kesehatan yaitu untuk pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Pelayanan kesehatan tingkat kedua hanya dapat diberikan atas rujukan dari pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pelayanan kesehatan tingkat ketiga hanya dapat diberikan atas rujukan dari pelayanan kesehatan tingkat kedua atau tingkat pertama.

Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih rendah ke tingkatan pelayanan yang lebih tinggi dilakukan apabila:

  • Pasien membutuhkan pelayanan kesehatan spesialistik atau subspesialistik;
  • Perujuk tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien karena keterbatasan fasilitas, peralatan dan/ atau ketenagaan.

Kasus medis yang menjadi kompetensi fasilitas kesehatan tingkat pertama harus diselesaikan secara tuntas di tingkat pertama, kecuali terdapat keterbatasan SDM, sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Untuk Lebih jelasnya anda dapat melihat di Sistem Rujukan BPJS Kesehatan, Anda Juga dapat mendownloadnya jika ingin mempelajarinya nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*