Tips Mengurangi Pengeluaran Rumah Tangga

Mengatur Pengeluaran Keluarga

Buat anda yang merasa adanya kenaikan harga setiap kali belanja bulanan, hal itu memang sangat menjengkelkan. Apa lagi ditambah dengan penghasilan yang tidak berubah, membuat nilai investasi anda akan semakin kecil karena untuk menutupi kebutuhan sehari – hari. Namun anda tidaklah merasa gelisah lagi jika anda mengikuti tips berikut ini, Tips dimana anda dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga anda.

1. Belanja di Pasar Tradisional

Berbelanjalah dipasar tradisional karena harga di pasar tradisional sangatlah murah dari pada anda belanja di supermarket. Harga disupermarket akan jauh berbeda dari pada pasar tradisional karena pajak yang dikenakan untuk berjualan di supermarket sangatlah mahal. Hal ini mempengaruhi harga satuan setiap bahan pokok.

2. Hemat Listrik

Mulailah berhemat listrik dan matikan peralatan yang tidak digunakan agar anda tidak akan membayar mahal untuk sesuatu yang tidak perlu.

3. Biaya Kendaraan

Jika memunyai kendaraan yang tidak digunakan atau berlebih coba untuk menguranginya, karena setiap satu kendaraan akan memiliki biaya operasional sendiri- sendiri. Semakin anda memiliki banyak kendaraan anda akan membayar biaya operasional yang sangat tinggi.

4. Hidup Sehat

Menurut survei sebuah perusahaan asuransi, berdasarkan klaim rumah sakit yang mereka bayar, biaya rawat inap tipus atau demam berdarah mencapai 3 sd 4 juta rupiah.

Jumlah yang tidak sedikit. Belum lagi penyakit lain yang lebih parah.

Jadi biaya kesehatan itu tidak murah. Bahkan bisa sangat signifikan. Dan sering datang tiba – tiba.

Karena itu gaya hidup sehat itu bukan hanya baik untuk kehidupan tapi menyehatkan kantong Anda.

5. Kurangi Jajan, Jalan di Mall

Kebiasaan kelas menengah nongkrong di coffee shop. Menjamurnya cafe-cafe cantik membuat ngopi atau ngeteh sudah jadi gaya hidup.

Sesekali tidak masalah sebagai bagian dari pergaulan. Gak gaul, kata anak – anak muda.

Tapi kalau tiap hari beli kopi di cafe, itu menyedot uang Anda.

Rata – rata harga satu cangkir kopi adalah 25 rb. Kalau dalam 1 bulan, selama 25 hari beli kopi, total pengeluaran adalah 650 ribu. Itu baru satu cangkir, bagaimana jika dua atau tiga sehari. Belum lagi ditambah beli makanannya.

6. Hindari hutang

Hindari berhutang pada barang – barang yang tidak perlu. Jika anda mempunyai hutang, akan ada biaya bulanan yang anda alokasikan untuk membayar hutang. Pergunakan kesempatan untuk cicilan kepada barang yang dibutuhkan agar anda tidak terjerat hutang yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*