5 Cara Menurunkan Bounce Rate Blog dengan Efektif

5 Cara Menurunkan Bounce Rate Blog dengan Efektif

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog – Dalam dunia blogging, istilah bounce rate dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling familiar.

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog  – Dalam dunia blogging, istilah bounce rate dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling familiar. Bounce rate dapat dikatakan sebagai sebuah parameter yang menunjukan sehat atau tidaknya suatu blog. Jika dijabarkan, bounce rate yang juga dikenal dengan rasio pentalan ini merupakan rasio atau presentase visitor yang meninggalkan suatu blog setelah hanya membuka satu page/halaman blog tersebut.

Ketika bounce rate menunjukan angka yang tinggi, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa blog terkait tengah dalam keadaan kurang baik. Sebaliknya, semakin rendah angka bounce rate suatu blog, maka dapat dikatakan blog tersebut berada dalam performa yang baik. Bouce rate yang ideal atau dikatakan baik untuk sebuah blog sendiri adalah yang berada pada angka rentang angka 30-50%.  Sedangkan untuk bounce rate yang terbilang rata-rata(tidak buruk, namun tidak baik pula) berada pada a rentang 50 %-70%.

Berkaitan dengan bounce rate yang tinggi, sebenarnya terdapat banyak alasan atau faktor yang menyebabkan hal tersebut, beberapa diantaranya meliputi :

  • Loading blog yang lama
  • Desain blog yang kurang baik alias berantakan ( terlalu banyak widget yang kurang penting)
  • Kurangnya widget penting dan navigasi
  • Blog yang dipasangi terlalu banyak iklan
  • Font tulisan artikel yang kecil
  • Kurangnya indbound link di artikel

Kali ini, fajarindra.web.id akan berbagi sedikit cara menurunkan bounce rate blog yang dapat membantu:

1. Mempercepat loading blog

Seperti yang diungkap sebelumnya bahwa salah satu faktor yang dapat menyebabkan bounce rate meningkat adala loading blog yang lama. Untuk itu, salah satu cara menurunkan bounce rate blog yang harus harus diaplikasikan adalah mempercepat loading blog anda. Dengan semakin baiknya kecepatan loading blog atau halaman anda, maka visitor akan merasa lebih nyaman menjelajah blog anda dan tentunya meningkatkan rasio pentalan/bounce rate blog anda.

BACA JUGA: Cara Cepat Membuat Blog dalam 30 Menit

2. Memperbaiki desain blog

Masih bicara mengenai cara menurunkan bounce rate blog, cara selanjutnya adalah dengan memperbaiki desain blog anda. Tata letak yang sulit ditelusuri alias berantakan tentunya membuat visitor blog menjadi enggan untuk membuka artikel lainnya. Untuk itulah, menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan blog untuk menerapkan desain blog dapat mendukung visitor untuk mengeksplore blog dengan mudah.

Mulailah memperbaiki desain blog anda dengan menghilangkan javascipt dan widget yang tidak terlalu penting, kemudian atur kembali tata letak pada blog anda.

 

3. Menambahkan navigasi dan widget blog yang penting

Visitor dapat dikatakan sebagai raja. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk memberikan yang terbaik kepada visitor yang menjelajah blog anda, salah satunya adalah kemudahan. Kemudahan di sini adalah kemudahan dalam mengeksplore blog dan juga informasi yang tengah dicari oleh visitor blog anda. Kemudahan tersebut dapat anda berikan dengan menyediakan navigasi dan widget blog penting di blog anda. Beberapa widget penting seperti kolom komentar, arsip blog , label, popular blog , related post , recent post dan lainnya akan mempermudah visitor dalam mengeksplore blog anda.

 

4. Kurangi iklan pada blog anda

Memasang banyak iklan pada blog memang terdengar seperti ide bagus untuk menghasilkan uang dari blog, namun sebenarnya hal tersebut seperti pedang bermata dua. Iklan yang jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan visitor merasa kurang leluasa ataupun terganggu dalam mengakses konten blog anda. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan bounce rate blog menjadi meningkat. Selain itu, kehadiran  iklan yang terlalu banyak juga akan membuat blog menjadi lebih berat.

Untuk itu sebagai saran dari cara menurunkan bounce rate blog, sebaiknya anda mulai memikirkan untuk mengurangi jumlah iklan pada blog anda dan juga memperhatikan penempatannya. Disarankan untuk anda  agar menggunakan maksimal 3 banner iklan blog saja untuk membuat blog anda menjadi lebih rapi dan nyaman dijelajahi.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang dari Blog

 

5. MEMPERBAIKI FONT DAN BERIKAN INBOUND LINK DI SETIAP ARTIKEL

Bagian terakhir dari cara menurunkan bounce rate blog versi fajarindra.web.id adalah dengan memperbaiki font dan memberikan inbound link pada setiap artikel. Memperbaiki font di sini maksudnya adalah dengan menggunakan font tulisan yang ideal agar lebih mudah dibaca oleh visitor. Font ideal sendiri biasanya berkisar antara 14 hingga 16 px. Selain itu, berikan juga link artikel terkait di setiap artikel blog yang anda posting. Link artikel terkait akan membuat visitor lebih mudah menjelajah blog anda dan memungkinkan mereka untuk mengakses page lain dari blog anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*