Cara Cepat Membuat Blog dalam 30 Menit

Cara membuat Blog dengan cepat

Memulai membuat website atau blog sendiri selalu yang terbayang susahnya membuat blog atau website. Yang sebenarnya untuk membuat sebuah website tidak harus kalian yang paham cara membuat website. Banyak sekali diluar sana platform blogging yang sangat mudah dipahami dan mudah digunakan. jadi buat anda yang berfikir buat blog itu sulit coba baca artikel ini sampai akhir.

Mengapa harus membuat blog ?

Ada banyak alasan mengapa Anda ingin memulai sebuah blog. Beberapa orang menggunakan blog mereka sebagai outlet kreatif atau toko online, sebagai cara untuk berbagi pengetahuan tentang topik yang mereka minati.

Ada pula yang menggunakan blog mereka untuk mencari uang sampingan – atau bahkan sebagai sumber penghasilan utama mereka. Yang lain menggunakan blog untuk membangun kesadaran akan bisnis mereka, dan mengarahkan pengunjung ke situs bisnis mereka.

Bagi saya, blogging telah menjadi landasan bisnis saya. Saya benar-benar TIDAK BISA membangun bisnis saya tanpa memiliki blog. Beberapa manfaat yang saya terima dari blogging meliputi:

  • Mendapatkan trafik yang sesuai untuk usaha toko online
  • Berbagi informasi dan saling menambah wawasan dan pengalaman
  • Untuk mendapatkan tambahan uang bulanan
  • dan banyak lagi fungsi blog yang sangat bermanfaat

Untuk membuat blog pertama anda, saya mempunyai 6 langkah yang harus dipahami dan diikuti dalam proses pembuatan blog anda.

  • Pilih platform blog
  • Pilih host web
  • Pilih nama domain anda
  • Pasang WordPress atau platform yang anda pilih
  • Sesuaikan tampilan
  • Tulis konten untuk blog pertama anda

Langkah 1: Pilih platform blog Anda

Platform blog merupakan suatu software yang dapat anda gunakan untuk membuat blog pribadi atau usaha anda. Platform blog sangat banyak antara lain,

  1. Blogger.com
  2. WordPress

dan masih banyak lagi. Namun disini saya hanya merekomendasikan 2 platform yang menurut saya lebih mudah dipahami dan digunakan. Disini saya memilih menggunakan platform wordpress karena saya tidak merasa dibatasi ruang gerak saya dalam membuat blog.

Untuk platform wordpress sendiri mempunyai 2 type yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Saya tidak merekomendasikan WordPress.com, karena ini akan sangat membatasi apa yang bisa dan tidak dapat Anda lakukan dengan blog Anda. Ini juga akan berarti alamat blog Anda akan, secara default, menjadi seperti www.yoursitename.wordpress.com.

WordPress.org, di sisi lain, akan membiarkan Anda membuat blog yang dapat disesuaikan sepenuhnya yang dapat Anda gunakan selama bertahun-tahun – dan seperti WordPress.com, perangkat lunak ini benar-benar bebas untuk digunakan.

Wordpress org

Namun jika anda memilih menggunakan wordpress.org, anda diharuskan memiliki nama domain dan hosting.

Langkah 2 : Pilihlah Webhosting

Langkah ke dua anda dapat mulai memilih mana webhosting yang akan anda gunakan. Untuk webhosting sangat banyak pilihan dari yang gratis sampai berbayar. untuk latihan anda dapat gunakan webhosting yang gratis seperti :

  1. Hostinger
  2. 2freehosting

Untuk yang berbayar sangat banyak pilihannya. anda dapat memilih dari yang harga murah sampai mahal. Harga biasanya akan mempengaruhi kapasitas dan kekuatan web hosting anda.

Pastikan bahwa webhosting yang anda pilih memenuhi kriteria kapasitas yang anda butuhkan.

Langkah 3 : Pilihlah Nama Domain anda

Untuk memilih nama domain anda dapat mengunjungi website berikut

  1. namemesh.com

Dalam website ini anda akan dimanjakan fitur sugest yang diberikan ketika anda mulai mencari nama domain atau nama website yang anda inginkan.

Untuk memilih nama domain anda dapat menggunakan keyword on domain atau domain sesuai dengan nama brand anda. Usahakan memilih domain .com karena selain memang mudah diingat dan memang bagus domain .com akan menambah kepercayaan pengunjung website anda. selain itu anda harus memperhatikan hal berikut ini.

  • Pilih sesuatu yang pendek dan mudah diingat. Anda ingin orang bisa mengingatnya dengan mudah.
  • Jangan gunakan karakter selain huruf (ini termasuk tanda hubung). Ini bisa sulit diingat dan mudah diketik dengan salah.
  • Jangan memilih kata-kata yang mungkin sulit di eja.

Langkah 4 : Pasang WordPress atau platform yang anda pilih

Disini saya akan contohkan menggunakan platform wordpress, sebelum anda menginstal wordpress pada hosting anda, anda dapat mendownload di wordpress.org/download.

Jika anda sudah membeli hosting dan domain anda akan dapat mengakses kontrol Cpanel pada www.yourdomain.com/cpanel. Setelah anda login anda dapat mencari logo wordpress untuk menginstal secara cepat dan mudah.

Jika tidak ada anda dapat menggunakan cara instal manual. untuk cara manual pastikan anda sudah mendownload wordpress terbaru. Untuk cara instal wordpress secara manual akan saya jelaskan dalam artikel selanjutnya.

Setelah terinstall web blog anda siap untuk digunakan. untuk login anda dapat mengakses dari www.yourdomain.com/wp-admin

Langkah 5 : Sesuaikan tampilan

Sekarang setelah semua pengaturan selesai, Anda bisa mulai merancang blog Anda sehingga tampilannya persis seperti yang Anda inginkan.

Salah satu hal terbaik tentang situs WordPress yang dihosting sendiri (yang sekarang Anda miliki) adalah bahwa ada ribuan tema gratis yang dapat Anda gunakan untuk blog Anda.

Tema membiarkan Anda mengubah tampilan dan nuansa situs Anda, termasuk jumlah kolom, warna, gaya dan tata letak.

Untuk merubah tampilan website / blog anda. anda dapat mengikuti langkah berikut ini .

Setelah masuk ke akun WordPress Anda, buka Appearance di sisi kiri layar Anda. lalu klik Tema.

Selanjutnya, pilih Add New. Anda sekarang dapat menelusuri sekumpulan tema gratis, menyortirnya dengan Terbaru, Populer, Unggulan, dll. Anda juga dapat mencari berdasarkan kata kunci yang anda inginkan.

Wordpres pilih tema

Bila Anda menemukannya yang Anda sukai, klik Install. Blog Anda sekarang akan secara otomatis memiliki tampilan dan nuansa dari tema yang Anda pilih.

Langkah 6 : Tulis konten untuk blog pertama anda

Untuk memulai tulisan pertama anda , anda dapat klik menu post lalu add new. setelah itu anda akan dihadapkan dengan tampilan sebagai berikut.Tampilan Tambah Post di wordpress

setelah selesai menulis anda hanya perlu menerbitkan tulisan anda dengan menekan tombol publish. Blog anda sekarang sudah diterbitkan dan siap untuk anda share keteman -teman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*