Contoh Usaha Bisnis di Lingkungan Pedesaan

peluang usaha di desa

Buat anda yang mempunyai tempat tinggal di area pedesaan dan merasa sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Mulailah berfikir untuk memulai usaha anda sendiri. Pasti anda bertanya – tanya mengapa hidup didesa berfikr untuk memulai usaha atau bisnis sendiri sedangkan di desa tidak sama dengan kehidupan kota yang sangat mudah berbisnis. Anggapan ini keliru jika anda berfikir di desa itu sulit berbisnis. didesan hampir sama dengan di area perkotaan, sama-sama mempunyai peluang usaha, yang membedakan hanyalah tipe usaha atau jenis usaha yang anda harus pilih.berikut ini contoh usaha di lingkungan pedesaan.

1. Peluang Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya karena memang kuliner merupakan kebutuhan utama.

Walaupun daya beli masyarakat desa cenderung lebih rendah daripada masyarakat kota, tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba jenis usaha yang satu ini.

Namun anda harus melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu sebelum memulai usaha kuliner tersebut.

Seperti makanan apa yang hendak anda jual, permintaan pasar di sekitar anda, daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Beberapa produk kuliner yang bisa anda jual di desa antara lain adalah berjualan kue dengan sistem pre – order atau pemesanan, berjualan gorengan atau membuka warung makan sederhana dengan catatan memiliki menu andalan sehingga ada nilai plus antara warung anda dengan warung makan orang lain.

2. Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Pada umumnya, masyarakat kita cenderung memilih ayam petelur dan ayam potong atau daging andai diminta untuk memilih jenis ayam apa yang paling cocok untuk usaha ternak.

Namun taukah anda bahwa permintaan ayam kampung saat ini hanya terpenuhi di kisaran angka 25 – 30 % saja?

Sebagai contoh, pada tahun 2015 kemarin kebutuhan pasar untuk wilayah Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi diperkirakan mencapai 200.000 ekor per hari sedangkan para peternak hanya mampu memasok 35.000 ekor saja dalam sehari.

Inilah celah usaha dari ayam kampung yang mungkin bisa kita masuki sekarang. Dan saya yakin besarnya permintaan tersebut juga terjadi di kota – kota besar lainnya di Indonesia.

Untuk memulainya, anda tidak perlu keburu nafsu dengan membeli ratusan anakan ayam kampung atau DOC. Coba anda perhatikan dari dua jenis sistem ternak ayam kampung berikut ini terlebih dahulu.

 

3. Peluang Usaha di Desa Rental PlayStation

Bisa jadi anda akan mengerutkan dahi saat mendapati usaha rental playstation ada dalam daftar 5 contoh usaha di desa yang sangat menjanjikan ini.

Karena biasanya usaha rental playstation memiliki citra yang kurang baik di tengah masyarakat pedesaan. Beberapa menganggap playstation sebagai biang kerok malasnya anak dalam belajar, pemborosan dan lain sebagainya.

Dengan segudang permasalahan di atas membuat usaha ini minim kompetitor
di daerah pedesaan sehingga sangat memungkinkan lebih cepat sukses
kedepannya.

Untuk mengakalinya, anda bisa membuat aturan di rental anda seperti melarang anak berseragam sekolah masuk rental, tutup saat jam ngaji TPQ maupun menerapkan batasan jam malam rental anda untuk anak di bawah umur, agar hubungan anda dengan masyarakat tetap terjaga dengan harmonis.

4. Peluang Usaha di Desa Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dibilang ngga ada matinya juga selain usaha kuliner yang sudah kita bahas sebelumnya.

Saya sangat yakin dengan prospek cerah dari usaha ini kedepannya jika kita lihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dalam hal pentingnya pendidikan bagi anak.

5. Go Online – Usaha Bisnis Online

Saat anda tiba di blog bagikeunlagi kemudian membaca artikel ini, saya percaya untuk mendapatkan akses internet di desa anda tidaklah terlalu sulit.

Bisnis online dan internet marketing adalah usaha yang sangat fleksibel, dalam artian bisa anda komandoi darimana pun tempat anda berada, asalkan daerah tersebut sudah memiliki akses internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*